PERTH, KOTA YANG RAMAH UNTUK TRAVELER MUSLIM



Kota Perth di Australia Barat adalah tempat wisata yang ramah untuk traveler muslim. Banyak fasilitas untuk memudahkan mereka liburan sambil ibadah dan wisata kuliner halal.Muslim traveler adalah pasar wisatawan yang tumbuh pesat.

Ibu kota Australia Barat, Perth juga ingin menggali potensi tersebut. Asyiknya lagi, Australia Barat ternyata tidak jauh dari Indonesia dan mudah dijangkau. Dari Jakarta hanya butuh 4,5 jam dan dari Bali hanya 3 jam 40 menit penerbangan sampai ke Perth. Ada maskapai full service sampai bujet yang bisa dipilih para traveler sebelum menjelajah aneka tempat wisata di Australia Barat.

Untuk memenuhi kebutuhan traveler Muslim, Perth sudah menyediakan sejumlah fasilitas untuk mereka. Contohnya saja seperti ruang ibadah di bandara, ada masjid di pusat kota Perth dan aneka restoran halal di pusat kota.

Apa saja fasilitas untuk Muslim traveler, berikut di antaranya:

I. Fasilitas ibadah di Bandara Perth

Namanya 'Quiet room', sebuah ruangan khusus yang amat tenang untuk berdoa atau kontemplasi atau ruang ibadah lintas agama. Letaknya ada di lantai dasar di Terminal 1 Internasional Bandara Perth, dekat ruang kedatangan. Cari saja simbol orang berdoa.

Memang tidak ada musala di Bandara Perth, namun 'Quiet Room' bisa menjadi pilihan traveler untuk salat saat akan terbang juga mendarat di sana. Anda bisa wudhu dan salat, namun tidak ada pemisahan ruang laki-laki dan perempuan.

II. Perth Mosque

Perth memang ramah traveler muslim. Ada puluhan masjid juga musala di Kota Perth dan sekitarnya.

Namun yang paling kami rekomendasikan adalah mengunjungi Perth Mosque. Alamatnya ada di 427 William St, Perth WA 6000, Australia. Inilah masjid terbesar yang ada di Perth. Lokasinya strategis, dekat dengan aneka tempat wisata di Perth.

Beruntung, kami datang saat hari Jumat. Di hari tersebut, ratusan orang dari berbagai negara berkumpul di sana untuk melaksanakan Salat Jumat.

Waktu itu karena hanya jelang seminggu dengan kejadian penembakan di Selandia Baru, jadi masih banyak karangan bunga di Perth Mosque sebagai simbol solidaritas dan toleransi. Tak hanya itu, masjid juga dijaga oleh polisi dari sebelum salat hingga selesai.

III. Wisata kuliner halal Perth

Kota Perth juga memiliki begitu banyak tempat wisata kuliner halal. Salah satu tempat untuk mencarinya yakni Twilight Hawkers Market.

Twilight Hawkers Market adalah pasar street food asli dan tempat wisata kuliner di Perth yang paling besar. Di sini ada makanan paling lezat dari seluruh dunia dan dibawa ke jantung kota.

Acara wisata kuliner ini tidak boleh dilewatkan, berlangsung mulai pukul 16.00 setiap Jumat malam. Terletak di Forrest Place dekat Murray Street, Twilight Hawkers Market menyediakan makanan yang murah dan bagi traveler muslim juga ada makanan halal yang disediakan penjual dari Singapura dan Malaysia, Maroko hingga Turki, seperti kuliner sate hingga kebab.

Begitu banyak yang sudah disiapkan Perth untuk traveler muslim. Satu hari yang biasa di Australia Barat adalah satu hari yang luar biasa untuk traveler muslim karena bisa jalan-jalan menikmati aneka tempat wisata di Australia Barat, sambil wisata kuliner halal dan ada tempat nyaman untuk menunaikan salat.

https://travel.detik.com/international-destination/d-4518134/perth-kota-yang-ramah-untuk-traveler-muslim

//