Setelah Ditutup, Tempat Wisata di 4 negara Ini Kembali Dibuka

Setelah menerapkan sistem lockdown, beberapa negara mulai melonggarkan aturan pembatasan. Di antaranya telah dibuka pusat perbelanjaan, tempat wisata dan kantor. 

Beberapa tempat wisata di 4 negara ini bahkan mulai dibuka untuk umum. Walaupun sudah dapat dinikmati, pengelola tetap menerapkan kebersihan agar penularan tidak terjadi kembali. Selain itu jumlah wisatawan yang datang juga dibatasi.

1. Kota Terlarang di Tiongkok
Pemerintah Tiongkok membuka kembali beberapa tempat wisata ikonik setelah tiga bulan lockdown. Tempat ini dibuka selama 1-5 Mei 2020. Kota Terlarang dibuka dengan kapasitas terbatas, yakni hanya 5.000 pengunjung setiap harinya. Sebelum pandemik, tempat ini mampu menerima 80 ribu pengunjung per hari.

2. Istana Musim Panas di Tiongkok
Tempat yang disebut juga sebagai Summer Palace ini merupakan istana yang masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Sama seperti tempat sebelumnya, istana ini juga membatasi jumlah kunjungan. Setiap pengunjung wajib menggunakan masker dan mengukur suhu tubuh sebelum masuk ke tempat wisata. Jika tidak, pengunjung dilarang masuk. 

3. Kuil Surga di Tiongkok
Kuil Surga membuka kembali tiga bangunan utama untuk umum sejak 29 April 2020. Bangunan yang dibuka kembali antara lain Hall of Prayer for Good Harvest, Imperial Vault of Heaven dan Circular Mound Altar. Pengunjung yang dapat mengakses tempat ini dibatasi melalui pemesanan secara online.

4. Museum Nasional Tiongkok
Museum ini telah dibuka kembali sejak 1 Mei 2020. Namun, pengunjung perlu reservasi secara online. Jumlah pengunjung harian pun dibatasi hingga 3.000 orang saja. Setiap pengunjung harus menunjukkan kartu identitas dan kode kesehatan pribadi, serta mengukur suhu tubuh sebelum masuk museum. Selama di dalam museum, pengunjung harus menggunakan masker dan menjaga jarak, setidaknya 1,5 meter dari yang lain.

5. Pantai Bondi di Australia
Di Australia, beberapa orang merayakan dibukanya kembali sejumlah pantai, termasuk Pantai Bondi. Namun, mereka harus tetap menjaga jarak. Pantai dibuka sejak pukul 07.00 hingga 17.00 pada hari kerja saja.

6. Museum Louvre di Prancis
Museum Louvre di Paris dibuka kembali untuk umum pada 6 April 2020, setelah manajemen menentukan strategi untuk menghilangkan kekhawatiran staf akan penyebaran virus. Para staf juga harus menggunakan masker dan sarung tangan. Museum juga mengadakan pembelian tiket melalui mesin, sehingga pengunjung bisa melakukan self service. Mereka juga tidak menerima uang tunai, hanya menerima kartu kredit.

7. Pantai Solana di California
Pantai Solana mengumumkan bahwa mereka membuka kembali pantai pada 4 Mei 2020. Namun, aktivitas di pantai tetap dibatasi, pengunjung hanya diizinkan berjalan-jalan, berenang, dan berselancar. Dilarang melakukan pertemuan di pantai.

Wah kangen buat jalan-jalan ya, semoga tempat wisata di Indonesia bisa secepatnya dibuka. Tentunya setelah pandemik ini berlalu. 

Sumber : https://jogja.idntimes.com/travel/destination/dhiya-azzahra/tempat-wisata-yang-dibuka-usai-lockdown-regional-jogja/7