5 Maskapai Penerbangan Tertua di Dunia


Pesawat kini menjadi sarana transportasi paling favorit untuk menghubungkan satu negara dengan negara lain. Dengan pesawat, jarak jauh antarnegara bisa ditempuh dalam waktu singkat.

Menurut sejarah, pesawat pertama yang dirancang oleh Wright bersaudara terbang pada tahun 1903. Sejak itulah pesawat terus mengalami penyempurnaan sampai akhirnya bisa untuk sarana transportasi, diikuti dengan munculnya berbagai maskapai penerbangan.

Hingga kini pun masih ada beberapa maskapai penerbangan yang mampu bertahan sejak awal kemunculannya. Berikut ini adalah 5 maskapai penerbangan tertua di dunia yang masih beroperasi:

1. Czech Airlines
Czech Airlines (CSA) bermula pada tahun 1923 sebagai maskapai penerbangan nasional pertama untuk Negara Czechoslovakia yang baru berdiri. Sempat terganggu oleh Perang Dunia II, maskapai penerbangan ini akhirnya dipulihkan kembali pascaperang. Selama perang dingin, pengoperasian CSA begitu besar. Besarnya pengoperasian mencakup armada hingga 21 pesawat Ilyushin il-62 jarak jauh. Jaringan rute juga luas, mencakup Amerika, Afrika, Timur Tengah, dan Asia. Maskapai dengan penerbangan pertama pada Bulan Oktober 1923 ini sekarang dimiliki secara mayoritas oleh grup Travel Service Republik Ceko.

2. Aeroflot
Maskapai penerbangan milik Russia ini didirikan pada tahun yang sama dengan CSA. Namun penerbangan pertama maskapai penerbangan ini dilakukan Juli 1923 dari Moskow ke Nizhny Novgorod dengan Junkers F13 yang membawa empat penumpang dan dua awak. Awalnya, maskapai penerbangan ini bernama Dobrolet. Namanya berubah menjadi Aeroflot pada 1932 ketika pemerintah Uni Soviet memutuskan menempatkan armada penerbangan sipil di bawah satu kesatuan. Setelah Perang Dunia II usai, Aeroflot menjadi maskapai penerbangan terbesar di dunia. Hal itu karena perjalanan udara merupakan pilihan terbaik untuk wilayah Uni Soviet yang luas. Kini Aeroflot berada dalam kendali Negara Rusia usai Uni Soviet runtuh pada tahun 1991. Aeroflot saat ini mempunyai sedikit kemiripan dengan konsep aslinya, meski tanpa logo palu dan arit.

3. Qantas
Maskapai penerbangan milik Australia ini didirikan pada tahun 1920. Sedikit orang di luar Australia yang tahu jika Qantas merupakan singkatan dari Queensland and Northern Territory Aerial Services.
Seperti namanya, maskapai penerbangan ini awalnya bertujuan untuk melayani wilayah Australia bagian utara yang tropis dan jarang penduduknya. Pesawat pertama Qantas adalah Avro 504. Pesawat ini bisa menampung satu pilot dan seorang penumpang. Qantas dinasionalisasi oleh pemerintah Australia setelah Perang Dunia II. Kini Qantas merupakan maskapai terbesar Negeri Kanguru (julukan Australia) dan merupakan salah satu maskapai penerbangan terkenal di dunia.

4. Avianca
Maskapai penerbangan ini didirikan pada tahun 1919 di Barranquilla, Kolombia oleh imigran Jerman. Memiliki nama awal SCADTA, maskapai ini pertama kali mengoperasikan pesawat Junkers F13 yang beberapa di antaranya dilengkapi pelampung. Menjelang Perang Dunia II pada tahun 1930, SCADTA menjadi kekhawatiran pemerintah AS karena hubungan maskapai ini dengan Jerman. Tahun 1949, SCADTA bergabung dengan maskapai Kolombia lain, SACO dan berubah nama menjadi Avianca. Kini Avianca menjadi salah satu maskapai penerbangan terbesar di Amerika Selatan. Avianca memiliki armada 173 pesawat dan jaringan anak perusahaan yang menjangkau hampir seluruh kawasan Amerika Latin.

5. KLM
Sebagai pemilik armada dagang terbesar di dunia, Belanda menjadi negara yang pertama mendirikan maskapai penerbangan nasional. Kebutuhan untuk menghubungkan Amsterdam dengan Hindia Belanda (Indonesia) menjadi alasan kuat didirikannya KLM. Maskapai penerbangan ini resmi didirikan pada Bulan Oktober 1919. Namun penerbangannya baru lepas landas Bulan Mei 1920 ketika De Havilland DH.16 dengan empat tempat duduk melakukan penerbangan perdana ke London. Empat tahun kemudian, KLM meluncurkan layanan penerbangan dari Amsterdam ke Batavia (Jakarta). Rute penerbangan ini menjadi yang terpanjang di dunia pada waktu itu.

https://travel.kompas.com/read/2019/03/05/220500227/5-maskapai-penerbangan-tertua-di-dunia.